Sabtu, 02 Februari 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Keterampilan Menjelaskan (Explaining Skill)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Keterampilan Menjelaskan (Explaining Skill)


Jenjang Sekolah
:
SMP/MTs
Mata Pelajaran
:
Bahasa Inggris
Kelas/Semester
:
VIII / I
Standar Kompetensi
:
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar
:
1.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri/orang lain, daan memerintah atau melarang.
Indikator
:
(1)   Menggunakan ungkapan dalam bahasa inggris dalam bentuk dialog
(2)   Menjawab pertanyaan tentang anggota keluarga
(3)   Menebak atau mencari arti kata
Alokasi Waktu
:
4 x 40 menit

Tujuan Pembelajaran
:
Siswa dapat menulis anggota keluarga dan aktifitasnya dengan singkat, padat, dan jelas dan Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan dan tulis untuk mencapai tingkat literasi functional
Materi Pembelajaran
:
Family life
1.      Family and activities
2.      Speaking (expressing gratitude & respond, expressing apology & respond)
3.      Simple present tense
Keterampilan Mengajar yang Dilatihkan
:
Keterampilan Menjelaskan (Explaining Skills)
Standar Kompetensi
:
Memahami keterampilan menjelaskan sebagai bagian dari keterampilan dasar mengajar yang harus dikuasai.
Kompetensi Dasar
:
Menerapkan prinsip-prinsip dan komponen keterampilan menjelaskan
Tujuan Latihan
:
1.      Memahami konsep dan prinsip menjelaskan
2.      Terampil menjelaskan
Materi Latihan
:
1.      Prinsip menjelaskan
2.      Konponen menjelaskan
Alokasi Waktu
:
15 menit
Langkah-langkah
:


Aspek
Indikator
Kinerja Praktikan
Kegiatan Siswa
Penggunaan metode
Menggunakan metode yang melibatkan siswa untuk aktif meng-alami/melakukan tahapan aktivitas pembelajaran sesuai kompetensi yang akan dicapai
Praktikan mengulang nama-nama anggota keluarga dalam bahasa inggris dan menerangkan tentang expressing gratitude & respond, expressing apology & respond dan simple present.

Siswa memperhatikan dan mengikuti instruksi dari praktikan.
Menggunakan metode yang melibatkan siswa untuk bekerja sama dengan siswa lain (learning community)
Membuat kelompok yang terdiri dari beberapa siswa untuk bekerja sama mendiskusikan tentang materi yang disampaikan
Siswa mencari kelompok yang terdiri dari 4 atau 5 anak dan mendiskusikan tentang materi yang diaajarkan
Menggunakan metode yang melibatkan siswa untuk mengeksplorasi dan memperluas pemahaman untuk pencapaian kompetensi
Memberikan teks percakapan kepada siswa dan menyuruh siswa untuk mengidentifikasai mana yang termasuk expressing gratitude & respond, expressing apology & respond dan yang termasuk simple present.
Siswa mencatat dan mengidentifikasai mana yang termasuk expressing gratitude & respond, expressing apology & respond) dan yang termasuk simple present beserta alasannya.
Menggunakan berbagai media yang sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
Menggunakan media LKS dan buku cetak.
Membuka LKS dan buku cetak sehingga siswa bisa memperluas pemahamannya.
Membangun suasana kelas untuk mencip-takan pembelajaran yang menyenangkan

Idem
Ketepatan materi
Menyajikan materi sesuai kompetensi dasar dan indikator
Praktikan menyajikan materi dengan benar tentang family life
Siswa mengikuti pembelajaran dengan tertib, tenang dan memperhatikan penjelasan materi pembelajaran
Menyajikan materi secara akurat (benar secara teoretis)
Mengambil materi dari berbagai sumber buku atau yang lain sehingga menjadi benar-benar akurat
Siswa mempunyai pedoman minimal 1 buku sebagai bahan acuan.
Menjabarkan atau mengembangkan materi pokok dari indikator secara memadai
Idem
Idem
Penguasaan kompetensi
Menguasai dan dapat mendemonstrasikan kompetensi yang seharusnya dikuasai siswa melalui contoh/pemodelan
Siswa berperan aktif dalam membuat kalimat yang berhubungan dengan family life berserta expressing gratitude & respond, expressing apology & respond dan simple present
Siswa maju satu persatu untuk membuat kalimat dan menulisnya di papan tulis serta dikoreksi bersama-sama.
Memberikan balikan dan model/contoh secara jelas terhadap perilaku pembelajaran yang sesuai/tidak sesuai dengan kompetensi yang seharusnya (balikan berdasarkan rubrik yang dibuat sesuai kompetensi)
Idem
Idem
Merespon pertanyaan dan komentar siswa secara tepat dan memadai
Contoh!
Baik! Pertanyaan dan komentar Andi sangat bagus. Tetapi yang perlu diperhatikan dalam membuat kalimat dalam bahasa inggris adalah memperbanyak kosakata sehingga ini bisa membantu untuk lebih mudah untuk membuat kalimat.
Siswa memperhatikan penjelasan praktikan
Kejelasan dalam penyajian
Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti siswa 
Contoh!
Ada banyak penjelasan tentang simple present anak-anak, tapi biasanya simple present di tandai dengan S+V1.yang mana V sama dengan verb atau kata kerja   
Siswa memperhatikan penjelasan praktikan
Penggunaan contoh dan ilustrasi
Menggunakan contoh-contoh yang ada hubungannya dengan sesuatu yang dapat ditemui peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh!
Ada banyak contoh anak-anak! Jika suatu saat kalian membuat percakapan tentang expressing gratitute and expressing apology dengan keluarga misalnya ayah  menyuruh untuk mengambil koran.
Father: can you help me to take newspaper on  the table, please?
You : yes i can
Father : thank  you
You: you are welcome.
Dll.
Siswa memperhatikan penjelasan praktikan
Penekanan
Mengarahkan perhatian siswa agar terpusat pada masalah pokok
Contoh!
Menggunakan tanda atau isyarat lisan seperti: “yang terpenting”, “perhatikan baik-baik konsep ini”, “perhatikan, yang ini agak sulit”, dsb.

Siswa memperhatikan  instruksi praktikan
Balikan
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan pamahaman, keraguan, atau ketidakmengertiannya ketika penjelasan itu diberikan.
Contoh!
Apakah penjelasan Bapak/Ibu tadi, ada yang kurang paham, ragu, atau kurang jelas? Bila ada di antara kalian kurang paham, di bagian mana. Atau jangan-jangan di antara kalian ada yang ragu dengan penjelasan Bapak/Ibu tadi. Jika ada, silahan kemukakan keraguan kalian itu. 

Salah satu siswa bertanya atau mengungkapkan ide, keraguan, ketidakjelasan dan sebagainya.
Berdasarkan balikan itu praktikan  melakukan penyesuaian
Contoh!
Sekali lagi perhatikan baik-baik! Tadi sudah Ibu jelaskan tentang expressing gratitude adalah ungkapan untuk berterima kasih seperti thanks, thank you & direspon dengan you are welcome, my pleasure, no problem dan  expressing apology adalah ungkapan untuk meminta maaf misalnya i am sorry, i apologise for... & di respon dengan that’s ok, never mind.dll
Sementara  simple present di tandai dengan S+V1.yang mana V sama dengan verb atau kata kerja contoh: you go to school. You sebagai Subject dan go sebagai verb.

Siswa memperhatikan penjelasan praktikan
Praktikan memper-hatikan balikan tentang sikap siswa dan menjaringnya melalui pertanyaan yang bertujuan untuk mengetahui pemaham-an siswa
Contoh!
Apakah kalian mengerti dengan penjelasan tadi? Atau, apakah penjelasan tadi bermakna bagi kalian?, dsb.
Siswa memberi komentar tentang pertanyaan tadi.

                                                                        Malang, ……………… 2012  
Mengetahui     
Dosen Fasilitator,                                                         Praktikan,




Adi, S. Pd, M. Pd                                                         Ainia Pertiwi


0 komentar:

Posting Komentar

 
;