RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Keterampilan Menjelaskan (Explaining Skill)
Aspek
|
Indikator
|
Kinerja Praktikan
|
Kegiatan Siswa
|
Penggunaan metode
|
Menggunakan metode yang
melibatkan siswa untuk aktif meng-alami/melakukan tahapan
aktivitas pembelajaran sesuai kompetensi yang akan dicapai
|
Praktikan mengulang nama-nama
anggota keluarga dalam bahasa inggris dan menerangkan tentang expressing gratitude
& respond, expressing apology & respond dan simple present.
|
Siswa memperhatikan
dan mengikuti instruksi dari praktikan.
|
Menggunakan metode yang melibatkan siswa
untuk bekerja sama dengan siswa lain (learning community)
|
Membuat kelompok yang
terdiri dari beberapa siswa untuk bekerja sama mendiskusikan tentang materi
yang disampaikan
|
Siswa mencari kelompok
yang terdiri dari 4 atau 5 anak dan mendiskusikan tentang materi yang
diaajarkan
|
|
Menggunakan metode yang
melibatkan siswa untuk mengeksplorasi dan memperluas pemahaman untuk
pencapaian kompetensi
|
Memberikan teks
percakapan kepada siswa dan menyuruh siswa untuk mengidentifikasai mana yang
termasuk expressing
gratitude & respond, expressing apology & respond dan yang termasuk
simple present.
|
Siswa mencatat dan
mengidentifikasai mana yang termasuk expressing gratitude & respond, expressing
apology & respond) dan yang termasuk simple present beserta alasannya.
|
|
Menggunakan berbagai
media yang sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
|
Menggunakan media LKS
dan buku cetak.
|
Membuka LKS dan buku
cetak sehingga siswa bisa memperluas pemahamannya.
|
|
Membangun suasana kelas untuk mencip-takan pembelajaran yang menyenangkan
|
|
Idem
|
|
Ketepatan materi
|
Menyajikan materi sesuai
kompetensi dasar dan indikator
|
Praktikan menyajikan
materi dengan benar tentang family life
|
Siswa mengikuti
pembelajaran dengan tertib, tenang dan memperhatikan penjelasan materi
pembelajaran
|
Menyajikan materi secara akurat (benar
secara teoretis)
|
Mengambil materi dari
berbagai sumber buku atau yang lain sehingga menjadi benar-benar akurat
|
Siswa mempunyai
pedoman minimal 1 buku sebagai bahan acuan.
|
|
Menjabarkan atau mengembangkan materi pokok dari indikator secara
memadai
|
Idem
|
Idem
|
|
Penguasaan kompetensi
|
Menguasai dan dapat
mendemonstrasikan kompetensi yang seharusnya dikuasai siswa melalui
contoh/pemodelan
|
Siswa berperan aktif
dalam membuat kalimat yang berhubungan dengan family life berserta expressing gratitude
& respond, expressing apology & respond dan simple present
|
Siswa maju satu
persatu untuk membuat kalimat dan menulisnya di papan tulis serta dikoreksi
bersama-sama.
|
Memberikan balikan dan
model/contoh secara jelas terhadap perilaku pembelajaran yang sesuai/tidak
sesuai dengan kompetensi yang seharusnya (balikan berdasarkan rubrik yang
dibuat sesuai kompetensi)
|
Idem
|
Idem
|
|
Merespon pertanyaan dan
komentar siswa secara tepat dan memadai
|
Contoh!
Baik! Pertanyaan dan komentar Andi sangat bagus.
Tetapi yang perlu diperhatikan dalam membuat kalimat dalam bahasa inggris
adalah memperbanyak kosakata sehingga ini bisa membantu untuk lebih mudah
untuk membuat kalimat.
|
Siswa memperhatikan
penjelasan praktikan
|
|
Kejelasan dalam
penyajian
|
Menggunakan bahasa yang
mudah dimengerti siswa
|
Contoh!
Ada banyak penjelasan
tentang simple present anak-anak, tapi biasanya simple present di tandai
dengan S+V1.yang mana
V sama dengan verb atau kata kerja
|
Siswa memperhatikan
penjelasan praktikan
|
Penggunaan contoh dan
ilustrasi
|
Menggunakan
contoh-contoh yang ada hubungannya dengan sesuatu yang dapat ditemui peserta
didik dalam kehidupan sehari-hari.
|
Contoh!
Ada banyak contoh anak-anak! Jika suatu saat
kalian membuat percakapan tentang expressing gratitute and expressing apology
dengan keluarga misalnya ayah menyuruh
untuk mengambil koran.
Father: can you help me to take newspaper on the table, please?
You : yes i can
Father : thank
you
You: you are welcome.
Dll.
|
Siswa memperhatikan
penjelasan praktikan
|
Penekanan
|
Mengarahkan perhatian
siswa agar terpusat pada masalah pokok
|
Contoh!
Menggunakan
tanda atau isyarat lisan seperti: “yang terpenting”, “perhatikan baik-baik
konsep ini”, “perhatikan, yang ini agak sulit”, dsb.
|
Siswa
memperhatikan instruksi praktikan
|
Balikan
|
Memberikan kesempatan
kepada siswa untuk menunjukkan pamahaman, keraguan, atau ketidakmengertiannya ketika penjelasan itu diberikan.
|
Contoh!
Apakah penjelasan Bapak/Ibu tadi, ada yang kurang
paham, ragu, atau kurang jelas? Bila ada di antara kalian kurang paham, di
bagian mana. Atau jangan-jangan di antara kalian ada yang ragu dengan
penjelasan Bapak/Ibu tadi. Jika ada, silahan kemukakan keraguan kalian
itu.
|
Salah satu siswa
bertanya atau mengungkapkan ide, keraguan, ketidakjelasan dan sebagainya.
|
Berdasarkan balikan itu praktikan melakukan penyesuaian
|
Contoh!
Sekali
lagi perhatikan baik-baik! Tadi sudah Ibu jelaskan tentang expressing gratitude
adalah ungkapan untuk berterima kasih seperti thanks, thank you &
direspon dengan you are welcome, my pleasure, no problem dan expressing apology adalah ungkapan untuk
meminta maaf misalnya i am sorry, i apologise for... & di respon dengan
that’s ok, never mind.dll
Sementara simple present di tandai dengan
S+V1.yang mana
V sama dengan verb atau kata kerja contoh: you go to school. You sebagai Subject dan go sebagai verb.
|
Siswa memperhatikan
penjelasan praktikan
|
|
Praktikan memper-hatikan
balikan tentang sikap siswa dan menjaringnya melalui pertanyaan yang
bertujuan untuk mengetahui pemaham-an siswa
|
Contoh!
Apakah kalian mengerti dengan penjelasan tadi? Atau, apakah penjelasan tadi bermakna bagi kalian?, dsb.
|
Siswa memberi komentar
tentang pertanyaan tadi.
|
Malang,
……………… 2012
Mengetahui
Dosen Fasilitator, Praktikan,
Adi,
S. Pd, M. Pd Ainia Pertiwi
0 komentar:
Posting Komentar